Mesin Espresso Dirumah

 

Kegilaan kopi telah menyapu bangsa! Starbucks bermunculan di setiap sudut jalan, di toko bahan makanan, toko buku, pusat perbelanjaan, dan bahkan perpustakaan. Artikel ini dipersembahkan oleh kebayadiva.com, tempatnya anda untuk mencari macam-macam model kebaya modern brokat tren terbaru 2018 saat ini.
 
Demam kopi ini telah menyebar ke restoran cepat saji, kafe, dan restoran, yang berusaha memberi konsumen mereka variasi yang lebih luas dari kopi hitam di cangkir styrofoam.
 
Karena setiap orang sedang berjalan-jalan sambil menyesap espresso, cappuccino, latte, macchiatos, dan setiap ciptaan kopi lainnya, tidak mengherankan jika bisnis kopi itu adalah perusahaan yang sedang booming.
 
Jika anggaran kopi tahunan Anda membuat Anda terperanjat, pertimbangkan alternatif untuk membeli espresso espresso yang lezat itu. Banyak orang menemukan bahwa pembelian mesin espresso di rumah dapat menghematnya cukup untuk membayar mesin berkali-kali.

Anda tidak harus memiliki pelatihan barista profesional untuk menjalankan mesin espresso rumahan, karena kebanyakan sangat mudah digunakan dengan hasil yang sempurna setiap saat. Alih-alih kehabisan dan membeli mesin espresso fantastis yang menurut Anda akan memberi Anda hasil terbaik, pertimbangkan untuk meneliti mesin yang paling tepat untuk kebutuhan spesifik Anda. Pencarian sederhana di World Wide Web akan memberi Anda berbagai macam mesin yang disesuaikan dengan individu dengan berbagai macam kebutuhan.

Bagi orang-orang dengan dapur yang lebih kecil atau ruang meja yang terbatas, varietas stovetop dari mesin espresso mungkin merupakan pilihan terbaik. Mesin ini tidak listrik dan bekerja dengan prinsip yang sama dengan boiler ganda. Meski pot espresso ini tidak dilengkapi dengan unsur susu buih, mereka bisa menghasilkan secangkir besar espresso.

Pilihan lain yang cepat menjadi lebih dan lebih populer adalah mesin yang mengeluarkan polong yang dirancang khusus. Buah polong ini mengandung bahan kopi dan dimasukkan ke dalam mesin dan espresso diseduh. Mesin espresso Pod telah datang ke pasar dalam beberapa tahun terakhir, namun baru mencapai puncak popularitas mereka.

Alih-alih mengganggu biji kopi penggilingan atau menumpahkan kopi bubuk, polong ini berantakan dan bebas perawatan. Juga, banyak produsen kopi merek nama teratas membuat polong dengan campuran tanda tangan mereka, memungkinkan Anda menikmati cita rasa yang kaya tanpa berantakan.

Jika Anda tertarik untuk secara langsung menciptakan espresso fantastis yang diproduksi di kedai kopi favorit Anda, beralihlah ke mesin espresso profesional yang dibuat untuk tujuan komersial.

Meskipun mesin ini sering merupakan mesin priciest, terbesar, dan paling keras yang ada di pasaran, namun merupakan kemewahan bagi orang-orang yang menginginkan espresso di rumah. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak perlu menghabiskan ratusan atau bahkan ribuan dolar di atas mesin espresso untuk membuat espresso yang sangat baik dalam kenyamanan rumah Anda sendiri.

7 Alasan Mengapa Perlu Mesin Espresso Dirumah

Mesin espresso cuma “boleh ada” di café atau resto? Ah, siapa bilang.

Entah bagi orang lain, tapi bagi saya, barista yang ‘menari’ di belakang bar, meracik kopi pesanan pelanggan dengan cekatan terlihat begitu menarik. Apalagi kalau kopi yang kemudian datang itu terasa nikmat sekali.

Ngomong-ngomong, mesin-mesin espresso yang dioperasikan para barista itu sepintas lihat mungkin ribet sekali. Walaupun sebenarnya memang iya. Lol. Tapi, sebenarnya, tidak semua mesin espresso juga harus seribet itu. Atau, tidak semua cappuccino harus mengikuti sekian banyak peraturan dan semacamnya. Membuat sendiri espresso di rumah pun bisa (sama) menakjubkannya.

Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus mencoba membuat espresso sendiri di rumah:

1. Menyempurnakan pagi dengan segera

Begitu bangun, Anda nggak perlu repot menunggu dalam antrian demi mendapatkan secangkir kopi nikmat berkualitas premium. Karena sudah punya mesin espresso sendiri, Anda pun bisa langsung membuat kopi begitu melek. Plus, seremoni membuat kopi setiap pagi, bukankah itu akan menjelma ritual pribadi yang menyenangkan?

2. Bisa mengeksplor seluk beluk dunia kopi lebih lagi

Kopi selalu berubah dan berevolusi. Seiring bertambahnya jaman, selalu saja ada perkembangan atau tren baru yang ditemukan. Entah segi roasting profile-nya, campuran-campuran yang ditambahkan ke dalam kopi atau penemuan rasa-rasa ajaib bernama taste-after taste yang baru. Memiliki mesin espresso di rumah pastinya akan membuka cakrawala pengetahuan Anda terhadap dunia kopi juga. Karena Anda harus mengeksplor kopi dari berbagai macam roaster dan memutuskan mana yang akhirnya Anda favoritkan.

3. Memperdalam pengetahuan kopi

Ada sebuah rahasia –yang sebenarnya nggak rahasia-rahasia amat– untuk mengerti kopi: semakin banyak Anda minum berbagai jenis kopi, maka akan semakin baik pula Anda mengerti berbagai rasa kopi yang disesap. Dan memilih mana yang Anda sukai.

Bikin espresso di rumah
Membuat Espresso Sendiri Di Rumah Kadang Bisa Jadi Therapy Yang Menyenangkan. 
Punya mesin espresso sendiri di rumah bukan hanya berarti bebas memilih kopi dari berbagai roaster dan origin, tapi juga bebas untuk mengerti bahwa bagaimana perbedaan setting-an (entah itu level grinding, jumlah takaran kopi, lamanya waktu penyeduhan, dan sebagainya) bisa memengaruhi rasa kopi. Istilahnya, kalau punya mesin espresso sendiri, Anda pun bisa “mengutak-atiknya” sesuka hati dan, lagi-lagi, semakin memperdalam pengetahuan kopi Anda juga.

 

4. Memegang kendali sepenuhnya

Banyak mesin-mesin espresso rumahan didesain dengan opsi grade professional yang membuat Anda bisa memegang kendali sepenuhnya atas semua proses pembuatan kopi. Misalnya, mulai dari “menakar” temperatur PID sampai memanaskan susu (dengan kualitas café-grade), semuanya bisa Anda atur dan kendalikan sendiri.

Mau membuat shots kopi Anda sedikit lebih ‘hidup’? Tinggal tambahkan saja sedikit derajat suhunya. Atau pengin membuat foam cappuccino sedikit lebih kaku? Ya, tinggal aerate (panaskan) saja campuran susunya sedikit lebih lama. Dengan kata lain, Anda bebas “beruji-coba” dengan racikan kopi Anda sendiri seperti halnya barista di café favorit. Dan itu cuma bisa dilakukan kalau punya mesin espresso sendiri dong. :p

5. Bisa jadi tuan rumah yang keren

Bukan rahasia lagi kalau barista itu terlihat semakin keren kan karena keahlian dan ketangkasannya meracik kopi –walopun tampang sebenarnya mungkin biasa-biasa aja. Nah, Anda pun bisa juga seperti itu: menjadi terlihat luar biasa karena keterampilan meracik kopi dengan mesin espresso pribadi yang –siapa tahu– akan memukau gebetan yang bertamu ke rumah Anda. :p

 6. Lebih berkelanjutan

Tahu espresso coffee pods plastik? Pods semacam itu tampaknya memang nyaman dan terjangkau. Tapi kenyataannya, untuk sedikit jumlah bubuk kopi yang dikandungnya, Anda membayar kira-kira $50 per pon. Belum lagi packaging-nya yang tidak ramah lingkungan. Sementara di sisi lain, Anda bisa membeli biji kopi yang segar dan terbaik dari berbagai roaster hanya dengan biaya setengahnya. Dan secara tidak langsung ikut mendukung produksi kopi berkualitas pula. And again, itu hanya mungkin dilakukan jika punya mesin espresso sendiri.

7. Berkesempatan memiliki mesin espresso handmade yang eksklusif

Beberapa mesin espresso dibuat secara handmade, seperti semua seri La Marzocco. Termasuk diantaranya Linea Mini dan GS3 yang dibuat secara handmade di pabrik La Marzocco yang berada di Scarperia, di daerah pegunungan di atas Florence Italia. Memiliki karya seni mesin espresso semacam ini, apalagi kalau edisinya dibikin terbatas, bukankah akan menjadi kebanggaan tersendiri?